Sejarah Tentang Uang

gambar uang

Hallo jumpa lagi, kali ini saya mau membahas mengenai Sejarah Tentang Uang yang harus kamu ketahui. Kita tahu sendiri uang merupakan suatu alat dimana kita bisa menukarnya dengan barang ataupun semacamnya yang dapat di beli. Tetapi tahukah kamu bahwa ada Sejarah panjang yang terjadi di bali Uang itu sendiri jadi mari kita simak berikut ini sejarahnya sehingga Uang menjadi kebutuhan pokok di era manusia sekarang.

Sejarah Munculnya Uang Masa sebelum barter
Pada zaman purba, atau pada masyarakat yang masih sangat sederhana, orang belum bisa menggunakan uang. Perdagangan dilakukan dilakukan dengan cara langsung menukarkan barang dengan barang. Cara ini bisa berlangsung selama tukar menukar masih terbatas pada beberapa jenis barang saja.
  • Masa Barter
    Pada masa ini untuk memenuhi kebutuhan, orang/ kelompok orang sudah membutuhkan pihak lain/ dihasilkan oleh pihak lain, karena jumlah orang sudah semakin meningkat dan bertambah, maka munculah pertukaran barang, karena pada masa ini orang belum mengenal produksi barang. Syarat utama terjadinya barter adalah, bahwa orang yang akan saling tukar barang, mereka saling membutuhkan.
  • Masa Uang Barang
    Pada masa ini, orang sudah mulai berfikir barang perantara sebagai alat pertukaran, maka dicarilah jenis barang yang dapat mempermudah pertukaran, sebagai syarat, sebagai alat perantara pertukan barang. Jenis barang yang pernah digunakan sebagai alat uang barang antara lain : kulit hewan, hewan, batu-batuan berharga, kulit pohon, logam.
  • Masa Uang
    Peradaban yang semakin maju, mengakibatkan kebutuhan yang semakin banyak dan bertambah pula, hal tersebut mendorong manusia untuk alat perantara pertukaran yang mudah, praktis, dan mempunyai nilai, maka dikembangkanlah jenis uang. Suatu barang berfungsi sebagai mata uang, apabila memenuhi syarat. Jenis barang yang paling memenuhi syarat tersebut di atas adalah logam terutama emas dan perak, karena awalnya kertas belum ditemukan, maka jenis uang logamlah yang pertama kali ada.


Pengertian Uang
Menurut ensiklopedia Indonesia uang adalah segala sesatu yang biasanya digunakan dan diteria umum sebagai alat penukar atau standar pengukuran niali. Berdasarkan syarat uang dan pengertian menurut ensiklopedi Indonesia, dapat disimpulkan bahwa uang adalah suatu benda yang mempunyai ciri-ciri tertentu yang dapat mempermudah pertukaran dan berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah. Pengertian sah di sini adalah bahwa keberadaan uang tersebut dijamin oleh pemerintah dan dilindungi oleh undang-undang negara.

Jenis Uang
  • Uang Kartal
    Uang kartal adalah uang yang beredar sehari-hari sebagai alat pembayaran yang syah dan wajib diterima oleh semua masyarakat. Uang kartal terdiri dari uang logam (emas, perak, alumunium) dan uang kertas.
  • Uang Giral
    Uang giral adalah uang yang berbentuk saldo rekening di bank milik nasabah, yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Cara pembayaran dapat menggunakan cek, giro, telegraphic transfer, travel chek (cek dengan perjanjian), dalam melakuakn pembayaran dengan uang giral ini seseorang boleh menolak. Syarat utama uang giral adalah seseorang harus mempunyai tabungan/simpanan di bank.


Nilai Tukar Mata Uang Asing terhadap Mata Uang Dalam Negeri
Nilai tukar mata uang suatu negara dibandingkan dengan nilai mata uang negara lain disebut kurs. Sejak adanya gerakan reformasi nilai mata uang Indonesia mengalami fluktuasi yang sangat tajam. Sebelum tahun 1998 nilai mata uang Indonesia berkisar 1$ = Rp. 2.500,- sekarang ini berkisar + 1$ = Rp. 11.000,- (sudah dipatok dalam APBN). Hal ini disebabkan karena:
  • Inflansi yang tajam
  • Devaluasi
  • Keadaan politik yang tidak stabil
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmu Pengetahuan dengan judul Sejarah Tentang Uang. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfanmarkus.blogspot.com/2014/07/sejarah-tentang-uang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Montaineer Indonesia - Selasa, 01 Juli 2014

Belum ada komentar untuk "Sejarah Tentang Uang"

Posting Komentar